Dokter Sebut Pemuda Disabilitas di Pandeglang Alami Sindrom Stevens-Johnson

Kamis, 17 Juni 2021 10:31 WIB

Share
Kondisi Zaenal yang tengah terbarinf di RSU Pandeglang (ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Seorang pemuda disabilitas asal Pandeglang terpaksa harus dibawa ke Rumah Sakit Umum (RSU) Pandeglang karena menggalami luka pada bagian kulitnya bahkan hingga melepuh seperti luka bakar. 

Pemuda tersebut diketahui bernama Zaenal Abidin (27)  warga Kampung Marga Asih, Desa Kadumadang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten. Ia dilarikan ke rumah sakit pada Jum'at( 11/6/2021) lalu, guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjur. 

Ia diketahui mengalami kondisi tersebut sehabis nongkrong pada Rabu (9/6/2021). Ia diduga dicekoki minuman keras pada saat nongkrong tersebut, karena ke esokan harinya Zaenal mengalami gejala dengan muncul bintik-bintik pada bagian mulutnya, dan memperparah bahkan hingga menyebabkan kulitnya melepuh hingga hampir sekujur tubuhnya.

Humas RSUD Berkah Pandeglang, dr Chubaesi mengatakan, kondisi seperti itu merupakan penyakit sindrom Stevens-Johnson atau yang sering sekali disebut sebagai penyakit alergi terhadap sesuatu yang dikonsumsi.

 

Menurutnya, korban sebelum mengalami hal tersebut telah mengkonsumsi makanan yang bertolak belakang dengan keadaan tubuhnya.

"Diagnosa sementara itu karena Sindrom Stevens-Johnson atau alergi pada makanan yang dikonsumsi. Faktor utamanya mengkonsumsi obat-obatan atau miras sehingga membuat orang yang memakannya akan mengalami hal serupa," katanya saat ditemui di RSUD Berkah Pandeglang, Kamis  (17/5/2021).

Ia mengatakan, Sindrom Stevens-Johnson sendiri merupakan penyakit yang berbahaya dan jarang terjadi.

"Ini penyakit kelainan yang serius yang menyerang kulit, serta lapisan bola mata. Penyakit ini sangat jarang terjadi dan muncul karena reaksi tubuh terhadap obat atau infeksi," ujarnya.

 

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler