Dua Desa di Pandeglang Masuk Zona Endemis Malaria

Rabu, 9 Juni 2021 21:02 WIB

Share
Acara advokasi eleminisai malaria tingkat Kabupaten Pandeglang di Hotel Rizki, Rabu (9/6/2021). (ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Kabupaten Pandeglang saat ini ditengarai terdapat dua desa masuk kategori endemis malaria yaitu Desa Tamannjaya dan Ujungjaya, Kecamatan Sumur.

Oleh sebab itu upaya kesehatan dalam menangani tersebut dengan mengutamakan aspek promotive, preventif dan kuratif.

"Ini bertujuan untuk menurunkan dan menghilangkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit malaria," ujar Kepala Seksi  Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P3M) Dinas Kesehatan, dr Kartirini, pada acara advokasi eleminisai malaria tingkat Kabupaten Pandeglang di Hotel Rizki, Rabu (9/6/2021).

Disampaikan Kartirini, upaya untuk menekan angka kesakitan dan kematian dilakukan melalui program pemberantasan malaria.

Menurut Kartirini, kegiatan itu antara lain meliputi diagnosis dini, pengobatan secara cepat dan tepat, serta surveilens dan pengendalian vector dalam hal pendidikan masyarakat. 

"Pentingnya kesehatan perlu disampaikan kepada masyarakat, semuanya itu untuk memutus mata rantai penularan malaria," imbuhnya.

Sementara Sekda Pandeglang Pery Hasanudin yang hadir pada acara tersebut mengatakan, untuk pencegahan, pengendalian dan penanggulangan penyakit merupakan tanggung jawab bersama lintas sektor terkait Dinas kesehatan, fasilitas kesehatan primer dan lanjutan baik milik pemerintah ataupun swasta. 

"Semua peserta yang hadir disni baik dari dinas maupun lintas sektoral serius mengikuti kegiatan dan memahami apa yang sisampaikan para narasumber," ungkapnya.

Lebih lanjut Pery mengatakan, dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit malaria harus dibangun dan dikembangkan koordinasi jejaring kerja serta kemitraan antara instansi pemerintah, dan pemangku kepentingan baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten atau Kota.

 "Hal itu dilakukan dengan cara melakukan advokasi, peningkatan komunikasi dan informasi serta edukasi. Sebab, eliminasi Malaria adalah suatu upaya untuk menghentikan penularan malaria dalam suatu wilayah geografis tertentu," lanjutnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler