Dua Gempa Bumi Teknonik 5,0 dan 5,4 Magnitudo Guncang Selat Sunda

Minggu, 23 Mei 2021 13:03 WIB

Share
Tangkapan layar pemberitahuan gempa laut selat sunda yang dirilis BMKG (ist)

PANDEGLANG, POS KOTA.CO.ID-- Wilayah perairan Selat Sunda tepatnya bagian  Barat Laut Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten diguncang oleh dua kali guncangan gempa tektonik, pada Minggu (22/5/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Pos Kota melalui siaran rilis BMKG. Dua guncangan gempat itu masing-masing berkekuatan 5 magnitudo yang terjadi pada pukul 10.48 WIB dan disusul oleh guncangan kedua berkekuatan 5,4 Magnitudo yang terjadi 2 menit setelah guncangan pertama yakni pada 10.50 WIB.

"Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter awal gempa pertama M5,0 dan gempa kedua M5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M4,9 dan M5,2," kutip Pos Kota dalam siaran rilis BMKG, Minggu (22/5/2021).

Episenter gempabumi pertama terletak pada koordinat 6,59 LS dan 105,45 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km arah Barat Laut Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km. Episenter gempabumi kedua terletak pada koordinat 6,64 LS dan 105,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 16 km arah Barat Laut Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km.

 

BMKG menyebut, kedua gempa bumi yang terjadi itu merupakan gempat bumi jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik atau  thrust fault," kutip BMKG. (Yusuf Permana/Yy)
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler