Warga Adat Baduy Minta Pemkab Jaga Kelestarian Gunung di Pandeglang

Sabtu, 22 Mei 2021 19:32 WIB

Share
Warga Baduy mengunjungi kantor Pemkab Pandeglang dalam tradisi tahunan Seba Baduy. (ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Puluhan warga Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak atau warga Adat Baduy, mendatangi Pendopo Pandeglang, Sabtu (21/5/2021).

Kedatangan mereka melalui kegiatan Seba Baduy.

Jaro Saidi Putra, salah satu pimpinan pada acara Seba Baduy mengatakan, tradisi tahunan ini merupakan satu amanah dari para leluhur untuk menyampaikan sebuah pesan agar selalu menjaga kelestarian alam.

 "Gunung ulah kalebur, leubak ulah diruksak, bisi katuar kayuna, bisi kasungkur batunya (Gunung jangan kelebur, hutan jangan dirusak. Takut ketebang kayunya, takut kena batunya, -red)," ungkap Jaro Saida saat menyerahkan hasil bumi pada acara seba, Sabtu (22/5/2021).

Ia juga berpesan, jika Pemerintah Daerah Pandeglang harus dapat menjaga kelestarian diantaranya Gunung Karang, Gunung Aseupan, Gunung Pulosari, Gunung Honje dan Sangiang Sirah (Ujung Kulon). 

"Cai, leuwi ulah dikotoran, menta dijaga, menta diraksa, keseluruhan menta diaping jeung kasalametan (Lubuk Air jangan dikotori, minta dijaga, keseluruhan minta dilingdungi demi keselamatan," imbuhnya.

Sementara Sekda Pandeglang Pery Hasanudin yang mewakili Bupati Pandeglang mengatakan, pesan dari warga Baduy akan menjadi catatan bagi Pemkab Pandeglang untuk terus menjaga kelestarian alam.

" Yang dititipkan oleh para karuhun insya Allah kami jaga supaya baik untuk kelangsungan hidup kedepan," ungkapnya.

Dikatakan Pery, walaupun saat ini pembangunan terus berjalan, tetap memakai aturan dan tidak akan bersinggungan yang berdampak kepada pengrusakan lingkungan.

" Semua yang disebutkan sama kita akan dipelihara,  semoga rombongan dulur ti baduy lancar dalam perjalanan nya menuju Provinsi Banten," pungkasnya. (Yusuf Permana)
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler