Pelabuhan Merak Padat, 12.037 Pemudik di Antaranya Gunakan Mobil Pribadi dan Travel

Selasa, 4 Mei 2021 07:48 WIB

Share
Kendaraan pribadi mendominasi antrian di Pelabuhan Merak, Cilegon. (foto: Luthfi)

CILEGON, POSKOTA.CO.ID-- Pelabuhan Merak hingga dini hari tadi masih dipadati pemudik yang akan melakukan perjalanan ke pulau Sumatera dan sekitar.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tren pemudik lebih memilih perjalanan di malam hari dari pada pagi atau siang hari.

Pantauan di lapangan, Selasa (4/5/2021), rata-rata pemudik yang memenuhi Pelabuhan Merak didominasi oleh pengguna kendaraan pribadi dan juga travel kendati yang menggunakan kendaraan umum masih terhitung banyak.

Berdasarkan data dari ASDP Merak, hingga Senin (3/5/2021) sudah ada 13.115 pemudik yang menyebrang melalui Pelabuhan Merak.

12. 037 diantaranya merupakan pemudik yang berada di dalam kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun travel atau bus. Sedangkan pemudik yang pejalan kaki sebanyak 1.078 pemudik.

Pihak ASDP sendiri dalam mengantisipasi lonjakan arus mudik tahun ini mengoperasikan sebanyak 29 kapal Roro dengan 59 trip.

Manager Usaha Pelabuhan, Heru Wahyono berdasarkan data yang diterima menyebutkan, jumlah kendaraan roda empat lebih mendominasi dari pada kendaraan roda dua maupun jumlah kendaraan bus.

"Untuk roda empat ada 1.341 kendaraan, roda dua sebanyak 366 dan bus sebanyak 137," tulisnya.

Niah, Salah seorang pemudik asal Bekasi mengaku sengaja memilih waktu malam hari karena cuacanya sejuk dan tidak terlalu lelah, mengingat kalau siang hari dirinya masih menjalankan ibadah puasa.

"Saya sendirian mau mudik ke Lampung Utara, sementara keluarga yang lain masih di Bekasi karena kerjanya belum libur," ujarnya.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler