Kakorlantas Minta Larangan Mudik Disosialisasikan Dini 

Jumat, 23 April 2021 10:57 WIB

Share
Kakorlantas, Irjen Pol Istiono saat melakukan kunjungan di Pelabuhan Merak. (ist)

CILEGON, POSKOTA.CO.ID-- Kakorlantas, Irjen Pol Istiono melakukan pengecekan kesiapan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon terkait pemberlakukan larangan mudik yang akan diterapkan mulai 6 sampai 17 Mei 2021.

Kakorlantas Istiono menyatakan, sistem penerapan larangan mudik pada lebaran Idul Fitri tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada Lebaran ini, tiket penyeberangan di Pelabuhan Merak tidak dijual dimasa larangan mudik. Akan hal itu, seluruh pihak diminta untuk dapat sama-sama melakukan sosialisasi ke masyarakat.

"Sistem larangan mudik seperti tahun lalu. Yang terpenting disini supaya tidak terjadi penumpukan. Oleh karena itu perlu sosialisasi dini," ujarnya saat di Kantor PT ASDP Cabang Merak.

 

Jenderal bintang dua ini menyatakan, sosialisasi tersebut sangat penting. Itu dilakukan agar masyarakat dapat memahami aturan yang diterapkan pemerintah. Jangan sampai masyarakat nekad menyeberang dimasa larangan mudik.

"Ini perlu sosialisasi secara dini dan pemahaman kepada pemudik yang nekad untuk tanggal 6 sampai 17 Mei itu," tandasnya.

Terkait pengamanan saat larangan mudik, pihaknya telah menetapkan beberapa titik lokasi untuk dilakukan penyekatan baik di Gerem Atas atau depan GT Tol Merak, Gerem Bawah, dan depan KSKP Merak atau depan gerbang pelabuhan.

 

Mengenai jika ada masyarakat yang menyeberang sebelum periode larangan, kata dia, hal itu tidak dilarang dan tidak akan dikenakan sanksi. Meskipun begitu tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Itu berlaku kegiatan rutin, prokes, bagi mereka yang melakukan kegiatan tersebut. Tidak ada putar balik, hanya memberlakukan PPKM saja," pungkasnya. (rahmat haryono/Yy)
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler