Makam Nusantara di Lawang Abang Sering Dijadikan Tempat Pesugihan

Minggu, 4 April 2021 15:56 WIB

Share
Makam Nusantara di Lawang Abang Sering Dijadikan Tempat Pesugihan

SERANG, POSKOTA.CO.ID-- Selain artefak, peninggalan sejarah berupa makam orang-orang berpengaruh pada jaman dahulu juga banyak ditemukan di sekitar Banten Lama.

Salah satunya puluhan makan para ulama jaman dahulu yang ada di Lawang Abang, Kelurahan Kenari, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Puluhan makam para ulama dari berbagai daerah ini berkumpul dalam satu kawasan yang disebut makam nusantara.

Di dalam makam nusantara ini, puluhan kuburan berjejer dengan berbagai macam bentuk nisan, dari mulai yang berbentuk benteng, yang diyakini sebagai ulama asal Bali.

Selain itu ada juga nisan yang berbentuk Johor, yang diyakini sebagai kuburan seorang ulama asal Aceh. Serta berbagai macam bentuk nisan lainnya juga terdapat di makam nusantara ini.

Namun di ujung kompleks makan, ada sebuah makam tunggal yang dibangun lebih bagus karena sering diziarahi oleh para tamu yang datang. Makam itu diyakini sebagai makam pangeran Purbalingga.

Dedi (48) salah seorang petugas kawasan makan Lawang Abang mengatakan, setiap hari siang atau malam tempatnya ini sering didatangi oleh para tamu dari jauh, baik yang hanya untuk silaturahmi maupun mempunyai hajat tertentu.

"Kalau yang hanya silaturahmi biasanya tidak lama, hanya datang, istirahat lalu pulang," katanya, Minggu (4/4/2021).

Akan tetapi, lanjut Dedi, bagi mereka yang mempunyai hajat tertentu, biasanya datang ke sini lebih lama. Ziarah dulu, kemudian baca doa-doa. Biasanya dari malam sampai pagi.

"Saya juga ga terlalu mengetahui tujuan mereka datang ke sini apa selain berziarah, karena memang niatan itu kan dari hati masing-masing," ujarnya.

Halaman
Reporter: Nurhayat
Editor: Admin Banten
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler