Disebut Bupati Irna Rawan Bencana, Pandeglang Dibuat Basarnas untuk Pelatihan Water Rescue

Rabu, 17 Maret 2021 20:46 WIB

Share
Pelatihan Water Resque di Pandeglang. (yusuf)

 PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banten menyelenggarakan Pelatihan Water Rescue tahun 2021.
Kegiatan Pelatihan Water Rescue itu berlangsung dari tanggal 15 hingga 20 Maret 2021 mendatang.

Peserta dalam pelatihan Water Rescue ini sebanyak 25 orang, berasal dari perwakilan TNI, Polri, instansi dan organisasi berpotensi SAR di Provinsi Banten.

Kepala Basarnas Provinsi Banten, M Zaenal Arifin menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dengan unsur potensi SAR yang ada dan memberikan pembekalan potensi SAR baik TNI, Polri serta unsur masyarakat.

"TNI, Polri dan Masyarakat merupakan potensi SAR. Dimana, penanggulangan bencana tidak akan terlepas dari unsur itu, " jelas Zaenal kepada awak media di Pandeglang, Rabu (17/3/2021).

Selain itu kata Zaenal, pelatihan Water Rescue ini juga memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan di permukaan air, sehingga potensi SAR dapat membantu Basarnas dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi.

“Saya berharap dengan diberikannya pelatihan Water Rescue kepada unsur potensi SAR setidaknya masyarakat bisa menolong dirinya sendiri apabila terjadi bencana dan mampu memberikan pertolongan kepada orang lain sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), “harapnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan apresiasi kepada Basarnas Banten beserta relawan lainnya yang selalu mendampingi Pemerintah dalam penanganan berbagai bencana.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang luas, dengan dataran gunung dan hamparan laut terpanjang di provinsi Banten, sehingga wilayah Pandeglang dikatakan rawan bencana, baik itu tsunami, bencana banjir dan longsor.

"Dalam menghadapi dan menangani bencana kami tidak sendirian ada potensi SAR, TNI, Polri, Basarnas, BPBD,Tagana dan tim relawan lainya yang saling bahu membahu ikut membantu dalam menghadapi berbagai bencana,”ujarnya. (Yusuf Permana/krj)

Reporter: Khomsu Rijal
Editor: Admin Banten
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler