Bupati Irna Narulita Akan Selidiki Latar Belakang Terbentuknya Aliran Hakekok di Pandeglang

Sabtu, 13 Maret 2021 13:32 WIB

Share
Bupati Pandeglang Irna Narulita (Yusuf)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Bupati Pandeglang Irna Narulita angkat bicara soal keberadaan aliran Hakekok Balakasuta di Kabupaten Pandeglang.

Katanya, pihaknya akan berkoordinasi dengan MUI Pandeglang, Kejari, dan juga Polres Pandeglang untuk melakukan pengembangan dengan menyelidiki latar belakang terbentuknya aliran Hakekok itu di Pandeglang.

Hal itu dilakukan, karena katanya, ritual mandi bersama secara telanjang atau bugil yang dilakukan oleh belasan pengikut aliran Hakekok yang terdiri dari laki-laki, perempuan dan bahkan anak ini telah mencederai syariat Islam khsusunya di kota yang berjulukan kota Santri itu.

"Kita akan cari tahu asalnya seperti apa, sampai seperti ini melakukan hal-hal yang kita anggap sesat, " kata Irna usai menghadiri acara Isra Miraj di Pemdopo Pemkab Pandenglang, Jum'at (12/3/2021) kemarin.

"Kita akan dengan dari pihak kepolisian, bagaimana sih latar belakangnya yang bisa kita selesaikan, " imbuhnya.

Menurutnya, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan belasan orang itu melakukan ritual yang dianggap sesat itu. Salah satunya yakni faktor ekonomi.

"Apakah selama ini jauh, menutup diri, jauh dari program Pemerintah, ataupun mereka yang menutup diri sehingga melakukan hal yang tidak kita kira. Namun setelah diketahui penyebabnya, maka akan kami rangkul dan bina, " katanya.

Irna mengatakan, para pengikut aliran Hakekok itu yang saat ini tengah berada di Mapolres Pandeglang perlu mendapatkan pembinaan kembali.

Untuk itu, dirinya meminta agar MUI Pandeglang melakukan pembinaan kembali terhadap belasan pengikut aliran Hakekok yang telah melakukan ritual mandi telanjang atau bugil, yang dinilai telah melenceng dari ajaran dan syariat agama Islam itu.

"Kita berharap kepada semua pihak untuk tidak berpikir negatif terlebih dahulu kepada mereka. Mungkin salah kita juga Pemerintah yang kurang pembinaan, ataupun ada permasalahan kekuarga dan ekonomi yang bisa kita selesaikan. Pemerintah harus hadir, "ujarnya.

Halaman
1 2
Reporter: Nurhayat
Editor: Admin Banten
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler