Muscab PKB Pandeglang Berujung Konflik Internal Partai

Kamis, 11 Maret 2021 16:58 WIB

Share
Kubu Thoni menolak hasil Muscab V DPC PKB. (ist)

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID-- Musyawarah cabang (Muscab) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pandeglang pada 7 Maret 2021 lalu berujung konflik di internal partai.

Konflik tersebut dipicu oleh kubu Thoni Fathoni Mukson, yang merupakan mantan Ketua DPC PKB Pandeglang periode 2016-2021. Kubu Thoni menilai pelaksanaan Muscab PKB ke V yang memilih Nawawi Nurhadi sebagai Ketua DPC PKB Pandeglang periode 2021-2026 menggantikan Thoni itu tidak demokratis dan menyalahi aturan partai.

Hal itu terjadi karena adanya intervensi kepada kepengurusan DPC PKB Pandeglang yang dilakukan oleh DPW PKB Banten. Serta munculnya 16 Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) baru secara mendadak sebelum pelaksanaan Muscab.

Padahal, sebelumnya telah disepakatkan bahwa Muscab itu hanya akan di ikuti oleh 16 DPAC yang telah memiliki Surat Keterangan (SK)

Atas hal itu, kubu Thoni menolak hasil Muscab itu dengan melakukan aksi pencopotan seragam partai sambil mengucapkan keluar dari kepengurusan DPAC.

"Kita dengan tegas menolak hasil Muscab yang tidak demokratis itu," kata Thoni kepada wartawan, Kamis (11/3/2021).

"Kami telah melakukan pendalam, penelaahan tentang munculnya polemik dan konflik Muscab PKB di Kabupaten Pandeglang. Kami berkesimpulan langkah-langkah DPW PKB ini melebihi kewenanganya," imbuhnya.

Thoni menuding, penetapan SK 16 DPAC baru iru tidak melalui proses atau tahapan musyawarah anak cabang. Akibatnya, kader-kader potensial PKB dihilangkan.

"Kami tidak mengakui 16 DPAC ini, karena tiba-tiba langsung ditetapkan dan tidak melalui musyawarah anak cabang," tegasnya.

Selain itu, Eks calon Bupati Pandeglang ini juga mengungkapkan, adanya kejanggalan lain yang dilakukan oleh DPW PKB Banten dalam pelaksanaan Muscab itu. Yakni dengan memunculkan lima nama calon ketua DPC, yang langsung ditetapkan sebagai pengurus DPC PKB Pandeglang Periode 2021-2026.

Halaman
1 2
Reporter: Nurhayat
Editor: Admin Banten
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler